Makna Dibalik Lady Gaga “Alejandro”

Posted by awin wijaya on Wednesday, May 23, 2012



Video klip Lady Gaga "Alejandro" mengundang banyak kecaman dari berbagai kalangan agama di dunia, hal ini disebabkan oleh adanya simbol-simbol yang dianggap sakral oleh agama tertentu dilecehkan dalam video tersebut. Banyak orang bertanya: Apa arti dari lagu ini dan apa pesan video yang mencoba untuk disampaikan? Artikel ini membahas simbol okultisme yang terdapat pada video klip Alejandro untuk memahami pesan yang mendasarinya.

Video klip Alejandro banyak terdapat simbol-simbol yang mengundang banyak interpretasi . Misalnya, saya pernah membaca bahwa video ini menggambarkan penindasan gereja Katolik atas komunitas gay. Penafsiran ini mungkin memiliki beberapa validitas untuk itu, tetapi mengabaikan banyak aspek penting dari video. Perlu menjadi perenungan, bahwa video ini menceritakan penolakan spiritual dan metamorfosis yang dikemas dalam konteks penindasan oleh aparat.


Transformasi Spiritual

Tema yang paling umum dalam lagu adalah penolakan:

"Aku tahu bahwa kita masih muda.
Dan saya tahu Anda mungkin mencintaiku.
Tapi aku tidak bisa bersamamu seperti ini lagi,
Alejandro. "



Video itu dimulai dengan prosesi pemakaman. Gaga mengenakan jilbab hitam dan memegang Hati Kudus, jantung berdarah Tuhan bagi umat manusia. Ada yang mati dalam diri Gaga dan tampaknya itu adalah cintanya untuk Alejandro.



Tapi siapa yang mati? siapa Alejandro? Seorang pria yang dia curangi dengan berselingkuh dengan Roberto dan Fernando? Hal ini belum cukup jelas. Namun video klip ini menunjukkan bahwa Alejandro representasi dari sesuatu yang lebih dalam.

Dalam adegan selanjutnya, Gaga ditampilkan berbaring, mengenakan setelan lateks biarawati merah dan memegang rosario (tasbih).



Melihat langit ia berkata: "Berhenti, ku mohon, biarkan aku pergi." Kemudian, ketika dia mengatakan "Alejandro," dengan menjulurkan tangannya ke langit. Dalam konteks ini, kita bisa menebak bahwa Alejandro adalah Tuhan.

"Dia menyembunyikan cinta sejatinya
En su bolsillo.
Bersemat lingkaran cahaya di jarinya,
juga di sekelilingnya "

Halo (lingkaran cahaya) di jari adalah cincin kawin dan Alejandro memiliki halo di sekelilingnya, yang berarti ia dianggap "suci." Cincin pernikahan merupakan ikatan Gaga dengan Tuhan melalui agama, tapi dia sekarang malu atas pernikahan itu. Dia menyembunyikan cincin itu di bolsillo nya, kata Spanyol untuk saku. Mengapa ia mengacu pada Fernando dan Roberto pada titik tertentu? Apakah ia mengacu pada Trinitas?

Gaga menolak Tuhan karena ia menganggap bahwa Tuhan tidak lagi mampu memuaskan sisi rohani Gaga. Dia kemudian memutuskan untuk mencari konsep Ketuhanan dengan memeluk sebuah konsep spiritualitas baru, menjadi pendeta Luciferian.



Salib Terbalik


Salib terbalik dan pentagram sebagai simbol setan

Perhatikan jubah yang dikenakan Gaga dalam adegan di atas! Salib adalah simbol iman Kristen karena mewakili pengorbanan Yesus dan kebangkitan Kristus. Dalam kekristenan, salib terbalik dikenal sebagai "Salib Santo Petrus", untuk menghormati Simon Petrus yang meminta untuk disalibkan terbalik karena dia merasa tidak layak untuk dihukum mati dalam keadaan yang sama seperti Kristus. Dalam  lingkaran "di luar" Kristen, salib terbalik merupakan penyimpangan dan penodaan apa yang dilambangkannya. Untuk alasan ini, simbol terbalik ditemukan dalam ilmu hitam dan Satanisme.

"Dalam simbolisme, salib terbalik menandakan suatu kekuatan sesat (...) sihir Hitam bukanlah seni melainkan penyalahgunaan seni. Oleh karena ia tidak memiliki simbol sendiri. Ia hanya memakai simbol dari sihir putih secara terbalik yang menandakan bahwa mereka bersebrangan/ bermusuhan "-. Manly P. Hall, Secret Teachings of All Ages

Maaf bagian ini agak vulgar...Salib terbalik, ditempatkan pada selangkangan Gaga, menjadi simbol phallic (alat kelamin laki-laki) dan menutupi tepat alat kelamin perempuannya, tema androgini (baca: bersatunya dua kelamin) menjadi jelas. Dalam lingkaran occultisme, Karya Agung adalah bersatunya dua insan dalam bercinta (baca: ngesex).

Menjadi Tuhan




Rosario adalah satu set manik-manik yang digunakan dalam tradisi Katolik untuk berdoa dan meditasi. Dengan menelan rosario, Gaga menggabungkan dalam dirinya simbol ketaatan beragama karena
1) itu mengejutkan dan akan mendapat perhatian media
2) Gaga mencari untuk memperoleh tempat yang tinggi (kaeabadian/ ketuhanan) dengan caranya sendiri.
Ini adalah representasi simbolis dari ajaran Luciferianisme, yang merupakan dorongan untuk mencapai keilahian dengan caranya sendiri. Lucifer dianggap jalan menuju tempat yang tinggi, makhluk yang membawa "cahaya Ilahi" kepada manusia.




Dalam adegan lain, Gaga ditampilkan memberikan tanda pemberkatan, tanda yang hanya diberikan oleh seseorang yang dianggap Kudus dalam Katolik. (http://vigilantcitizen.com/)


{ 4 comments... read them below or add one }

perenlee said...

Dari dulu aku memang benci Lady Gaga.

shei said...

you're article copied from the Vigilant Citizen. http://vigilantcitizen.com/musicbusiness/the-occult-interpretation-of-lady-gagas-alejandro/ how poor

awin wijaya said...

I have stated the source mate!!!!what's wrong with u???

destyi wulansari said...

Kritikus Mulai Beredar

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...